Luweng Jomblang - Gunung Kidul

Friday 27 March 2015

Mulut Gua JomblangGua Jomblang merupakan salah satu gua dari ratusan gua di kawasan Gunungkidul, Gua Jomblang ini terkenal karena keunikan dan keindahannya. Tidak heran jika Gua Jomblang ini dijadikan tempat pengambilan gambar acara Amazing Race Amerika pada tahun 2011 dan semakin membuatnya populer. Gua Jomblang merupakan gua vertikal yang bertipe collapse doline, Gua ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. dan itulah yang membuat unik karena didalam gua terdapat luas mulut gua sekitar 50 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang.

Pariwisata Indonesia


Luweng GrubugGua Jomblang terletak di kawasan pegunungan karts yang ada di Gunungkidul. Gua ini merupakan salah satu gua dari sekitar 500 gua yang ada di wilayah pegunungan tersebut. Gua ini mempunyai mulut gua vertikal dengan jarak antara bibir gua dengan dasarnya bervariasi. Dibutuhkan kemampuan melakukan Single Rope Technique ( SRT ) untuk memasuki gua ini. SRT merupakan teknik yang baku digunakan untuk menuruni gua vertikal dengan memakai satu tali sebagai lintasan yang dipakai untuk jalan menaiki dan menuruni tempat yang vertikal.

 Gua Jomblang - Gua Grubug


Siluet Cahaya Surga Gua GrubugKeunikan Gua Jomblang yang ditawarkan yaitu adanya Gunung Purba di dasar Guanya. Banyak Tanaman (Flora) yang berasal dari zaman purba yang masih menjadi penelitian oleh para ahli. Selain terkenal dengan gunung atau hutan purbanya, Gua Jomblang juga terhubung dengan Gua Grubug (Luweng Grubug) yang  mempunyai “Cahaya Surga” . Sebuah mahakarya Sang Pencipta yang sungguh mengagumkan terpampang di hadapan. Sungai bawah tanah yang masih satu sistem dengan Kalisuci mengalir dengan deras. Sinar matahari yang menerobos masuk dari Luweng Grubug setinggi 90 meter membentuk satu tiang cahaya, menyinari flowstone yang indah serta kedalaman gua yang gulita. Air yang menetes dari ketinggian turut mempercantik pemandangan.

Untuk menuju Gua Jomblang dari Yogyakarta bisa menggunakan Angkutan umum. Menggunakan bus dari terminal giwangan hingga simpang lima Wonosari dan dilanjutkan dengan angkutan kota menuju Kecamatan Semanu. Atau bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat dengan rute sebagai berikut : Yogyakarta – Wonosari kemudian cari arah Jl. Wonosari Semanu sebelum rumah sakit umum Pelita Husada belok kanan hingga menjumpai perempatan jika kekanan ke arah telaga jonge ambil kiri kurang lebih 600 meter belok kanan kurang lebih 2 km Anda sampai Gua Jomblang

No comments:

Post a Comment