Goa Gong – Pacitan

Thursday 19 March 2015

Goa Gong - PacitanTerletak sekitar 30 km kearah barat daya dari pusat kota Pacitan, di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Kota seribu gua ini mempunyai gua ekowisata yang bisa dinikmati keindahannya tanpa merusak ekosistem di dalamnya, Goa Gong namanya. Gua ini merupakan gua horizontal dengan panjang sekitar 256 meter dan terdapat stalagtit, stalagmit, batuan kapur dengan bentuk kerucut di langit gua, dan batuan kapur yang berdiri tegak di dasar gua. Oleh karena itu, Goa Gong merupakan gua yang paling indah di Asia Tenggara.


Goa Gong merupakan gua yang jauh dari kata seram dan gelap. Gua yang dikelola dengan sangat baik ini memiliki tangga penyusuran dengan pegangan besi sehingga memudahkan pengunjung untuk menyusuri gua. Selain itu juga di dalam gua terdapat lampu sebagai penerangan dan beberapa kipas angin yang membuat pengunjung merasa nyaman di dalam gua.

Goa Gong - PacitanDinamakan Goa Gong karena didalamnya terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti Gong yang ditabuh. Sumber lain mengatakan juga dinamakan Goa Gong karena dari dalam gua ini sering terdengar bunyi-bunyian yang menyerupai suara gong. Proses ditemukannya Goa Gong sendiri terjadi secara tidak sengaja. Alkisah, pada suatu ketika terjadi musim kemarau yang berkepanjangan, sehingga di Dusun Pule terjadi kekeringan. Air sangat sulit untuk diperoleh. Mbah Noyo Semito dan Mbah Joyo berinisiatif untuk mencari air ke dalam gua yang ada di tempat itu. Dengan menggunakan obor yang terbuat dari daun kelapa kering yang diikat, mereka mecoba menelusuri lorong-lorong gua. Setelah menghabiskan tujuh ikat obor, mereka menemukan beberapa sendang dan mandi di dalamnya. Penemuan itu terjadi sekitar tahun 1930.

Goa Gong - Pacitan
Beberapa toko souvenir, rumah makan, mushola, toilet juga sudah tersedia di sekitar kawasan obyek wisata ini. Bagi Anda yang ingin menginap, tersedia pula beberapa hotel atau penginapan yang ada di pusat kota Pacitan. Goa Gong buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB. Biaya tiket masuk ke area gua dikenakan sekitar Rp 7.000 per orang. Jika ingin menyewa senter,disediakan juga penyewaan senter, biaya sewa senter Rp3000.

No comments:

Post a Comment